Pages

Jumat, 15 Mei 2015

Cara Memperbaiki Tinta Printer Yang Macet


Printer dengan jenis inkjet sangat rawan macet, oleh karena itu memerlukan sedikit perawatan ekstra agar tinta dapat berjalan lancar dan hasil print out dapat dimaksimalkan, bayangkan ketika kita mencetak dokumen-dokumen penting tiba-tiba printer kita ngadat tidak bisa digunakan, karena printer dengan jenis inkjet memiliki 2 printhead yaitu hitam dan warna hendaknya paling sedikit satu bulan sekali kita bersihkan (head clean) sesuai petunjuk buku manual yang disertakan dalam pembelian printer.

Cara kerja/mencetak printer inkjet itu sendiri adalah dengan menyemprotkan tinta melalui headprint yang berlubang dengan diameter lubang yang sangat kecil yaitu sekitar 0,1 mm yang apabila tidak dilakukan perawatan akan menyebabkan penyumbatan pada lubang headprint dikarenakan tinta yang mengering, oleh sebab itu sebaiknya kita sesering mungkin melakukan head cleaner secara kontinyu.

Ketika kita hendak mengisi ulang tinta printer gunakan/belilah tinta printer original sesuai dengan jenis printer kita. hal ini dapat meminimalisir kerusakan pada headprint dan juga sekaligus untuk hasil print out yang maksimal, kekentalan tinta yang dibutuhkan masing - masing seri printer berbeda, jika dipaksakan maka akan merusak head print.

Jika printer terlanjur macet, lantas bagaimanakah Cara Memperbaiki Tinta Printer Yang Macet   pertama kali yang harus lakukan adalah cari tahu dahulu kenapa tinta printer macet, apakah karena adanya gelembung udara pada selang penghubung antara tabung tinta menuju headprint atau karena lubang headprint yang tersumbat, jika karena adanya gelembung udara maka kita cukup melakukan head cleaning terus menerus sampai gelembung udara habis keluar melalui lubang headprint, jika dikarenakan lubang head print tersumbat maka lakukan langkah-langkah di bawah ini : 




  • Ambillah selembar kertas tissue yang lembut
  • Basahkan kertas tissue dengan sedikit air hangat.
  • Tekan dan lap berulang-ulang pada lubang head print
  • Lakukan langkah tersebut berulang-ulang sampai tinta keluar dari lubang head print
  • Pasang head print, hidupkan printer kemudian, lakukan head cleaner melalui laptop/komputer anda.
  • Lakukan pencetakkan berulang-ulang sampai hasil print out bagus.

Jika cara-cara yang saya sebutkan diatas tidak menyelesaikan permasalahan maka dapat dikatakan headprint anda mengalami penyumbatan berat. cobalah langkah langkah Cara Memperbaiki Tinta Printer Yang Macet  paling akhir dan tidak ada jalan lain melainkan membeli head print baru berikut ini :


Siapkanlah air hangat dengan suhu sekitar 60-70 derajat Celcius.

* Tuangkan air hangat pada tatakan gelas atau bejana sejenis sampai kedalaman air kurang lebih 0.5 cm.

    Letakkan Cartridge tinta pada tatakan gelas diatas dengan lubang penyemprotan terendam dalam air.

* Berikan waktu sekitar 10-15 menit agartinta yang mengering dapat mencair kembali.
   Setelah itu, angkat Cartridge tinta dan air, lalu bersihkan lubang penyemrpotan dengan kertas tissue' kering.

* Pasang Cartridge pada printernya dan cobalah untuk mencetak.

* Pencetakan mula-mula mungkin menunjukkan hasil yang agak kabur dikarenakan pada saat lubang penyemprotan direndam didalam air, ada sedikit air yang menyerap kedalam Cartridge melalui proses Osmose atau kapiler. Hal mi menyebabkan isi tinta yang berdekatan dengan lubang penyemprotan menjadi lebih encer dan memberikan hasil cetak yang agak pudar.

* Setelah melakukan pencetakan beberapa lembar, apabila hasil pencetakan memuaskan, kami mengucapkan selamat kepadaAnda, karenaAnda telah berhasil mengisi ulang Cartridge Tinta yang oleh kebanykan orang sudah mungkin dibuang.
Apabila hasil cetak masih belum memuaskan juga, ulangilah cara diatas beberapa kali.


* Apabila hasil cetak masih belum juga memuaskan setelah 5-6 kali mengulangi prosedur diatas. Cobalah tinggalkan Cartridge tinta dalam keadaan terendam seperti diatas selama beberapa jam atau semalaman.

* Apabila hasil cetak masih tidak juga memuaskan, maka berarti Cartridge tinta boleh dikatakan sudah tidak dapat digunakan lagi. Dalam hal ini penyebabnya sangat sulit untuk ditentukan dan mungkin tidak banyak berarti untuk ditelusuri lebih lanjut. Tetapi, Cartridge tinta jangan langsung dibuang, karena masih berisikan Tinta Suntik yang dapat digunakan untuk mengisi ulang dikemudian hari pada saat dibutuhkan. Sedotlah tinta dan Cartridge kedalam suntikan dan simpanlah.


 Demikianlah bagaimana Cara Memperbaiki Tinta Printer Yang Macet semoga bermanfaat.

 






 


mbillah selembar kertas `tissue'.

* Basahkan kertas `tissue' dengan sedikit air hangat.

* Tekan atau lap kertas `tissue' basah pada head (lubang penyemprotan tinta).
* Apabila ada tanda tinta pada kertas `tissue', berarti masih ada lubang penyemprotan tinta yang (masih) dapat mengeluarkan tinta /tidak tersumbat atau (mungkin) tinta kering yang menyumbat telah mencair.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll