Pages

Jumat, 15 Mei 2015

Tips Menata Ruang Kelas Agar Kondusif




Second Home adalah kata yang tepat untuk menggambarkan ruang kelas kita, selama seseorang menjadi siswa, ruang kelas merupakan tempat kedua tempat dia menghabiskan waktu hidupnya, Penataan ruang kelas diperlukan untuk menciptakan suasana nyaman dan aman, dari mulai penataan ruang, pemberian hiasan-hiasan,kebersihan dll. penataan ruang kelas sangat memperngaruhi proses belajar mengajar, ruang kelas yang bersih, rapi dan nyaman akan berpengaruh juga pada keberhasilan dalam penyampaian pembelajaran.oleh karena itu penting untuk kita menata dan merawat ruang kelas agar nyaman untuk di tempati, berikut ini beberapa Tips Menata Ruang Kelas Agar Kondusif  untuk digunakan.
  • Posisi lokasi
Sebuah ruang kelas yang ideal adalah sebuah ruang kelas yang dimana berada jauh dari area keramaian yang terus menerus (polusi suara yang berlebihan), seperti dekat dengan pabrik,jalan raya, dll. akan tetapi jika hal diatas tidak bisa dihindarkan maka ada baiknya kita menyiasati dengan membuat ruang kelas lebih rapat, menutup pintu ketika pelajaran berlangsung, menyiapkan model pembelajaran dengan banyak menampilkan audio visual.
  • Penataan Fungsi
Yang dimaksud penataan fungsi disini yaitu menempatkan sebuah benda sesuai dengan peruntukkannya. jangan sampai sebuah benda diletakkan tanpa mempertimbangkan fungsi dan manfaatnya, karena hal ini justru hanya akan mengganggu dan tidak efektif, sebagai contoh jangan sampai kita meletakkan perlatan pribadi sembarangan di ruang kelas, ini biasanya para wanita yang sering membawa alat rias diri kemana-mana, atau jangan sampai kita meletakkan barang-barang yang terlalu berbahaya seperti pisau ke dalam ruang kelas.

  •  Dekorasi ruangan
Sebuah ruang kelas yang nyaman tentunya memiliki dekorasi ruang, akan tetapi dekorasi ruang menyesuaikan dengan tingkat/grade kelas, dekorasi ruang untuk siswa TK tentu berbeda dengan dekorasi ruang untuk siswa kelas VI SD, namun ada prinsip yang harus diterapkan dalam mendekorasi ruang kelas.
prinsip multifungsi
dalam mendekorasi jangan sampai membatasi ruang gerak siswa dalam beraktifitas
prinsip keamanan
dalam pemilihan bahan dekorasi pilihlah  bahan yang aman dan ramah siswa.
prinsip kenyamanan
penempatan gambar-gambar, pemilihan warna cat, jangan sampai mengorbankan  fungsi kenyamanan siswa dalam belajar, dekorasi yang terlalu ramai hanya akan mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar,akan  tetapi hal ini tidak berlaku untuk jenjang Pendidikan Taman Kanak-Kanak.

Demikian sedikit Tips Menata Ruang Kelas Agar Kondusif semoga bermanfaat bagi anda.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll