Pages

Minggu, 17 Mei 2015

Pendidikan dan hubungannya dengan Hak Dasar Manusia


Dewan PBB melalui Komisi HAM, pada tahun 1966 menetapkan  Konvenan pasal 13   tentang hak ekonomi,sosial dan budaya, dan juga mengatur tentang hak dasar pendidikan manusia, menegaskan pentingnya pendidikan sebagai pondasi awal pembangunan peradaban di muka bumi.

Pendidikan adalah sebuah proses pembelajaran, pengetahuan,keterampilan dan juga kebiasaan sekelompok orang yang diwariskan turun temurun melalui pengajaran,pelatihan dan penelitian. sebuah proses yang mengakibatkan perubahan atas sikap, sifat dan cara berpikir seseorang dapat disebut sebuah proses pendidikan.

Selain hak dasar ekonomi, sosial dan budaya, kita tentu membutuhkan pendidikan sebagai kawah candra dimuka bagi kita untuk dapat survive dalam menghadapi permasalahan kehidupan.

Berbagai macam bentuk pendidikan merupakan hak dasar bagi setiap manusia agar menjadi bekal dalam dia hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,dalam UUD 45 pasal 31 juga mengatur tentang hak-hak untuk mendapatkan pendidikan bagi setiap warga negara indonesia,pemerintah membiayai pendidikan bagi setiap warganya, anggaran pendidikan dialokasikan dalam APBN dan ujung dari semua adalah kemajuan peradaban, khusunya di indonesia.
Berikut ini beberapa kata-kata betapa pentingnya pendidikan yang diserukan oleh beberapa ilmuwan - ilmuwan terkemuka :

“Pendidikan adalah senjata paling mematikan di dunia, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia” – Nelson Mandela

“Pendidikan adalah tiket ke masa depan. Hari esok dimiliki oleh orang-orang yang mempersiapkan dirinya sejak hari ini” – Malcolm X

"Bila Anda tidak mempunyai visi akan seperti bagaimana masa depan Anda, maka masa depan Anda tersebut terancam menjadi sekedar pengulangan dari semua yang terjadi di masa lalu Anda."
-A. R. Bernard-

“Tujuan dari belajar adalah terus tumbuh. Akal tidak sama dengan tubuh, akal terus bertumbuh selama kita hidup” – Martimer Adler

"Aku mungkin tidak tahu kunci sukses itu apa, tetapi aku tahu dengan pasti bahwa kunci kegagalan itu adalah mencoba menyenangkan semua orang (Ini tidak mungkin bisa Anda lakukan)."
-B ill Cosby-

“Pembelajaran tidak didapat dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun” – Abigail Adams

"Whatever you can do, or dream you can, begin it. Boldness has genius, power, and magic in it."
"Apapun yang Anda bisa lakukan atau bermimpi untuk bisa melakukannya, mulailah sekarang juga. Keberanian memulai akan menggugah unsur jenius dalam diri kita, menggugah kekuatan dan keajaiban untuk bisa menyelesaikan apa yang telah kita mulai tadi."
-J ohann Wolfgang von Goethe-

Sumber : Diambil dari beberapa media Online.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll