Pages

Jumat, 22 Mei 2015

Politik Pendidikan dan fungsinya

Politik dalam arti umum adalah sebuah kegiatan mengarahkan seseorang maupun sekelompok orang mendapatkan apa, dimana dan kapan, sedangkan politik pendidikan merupakan sikap yang konsisten dalam hal mengarahkan kontrol sosial yang selalu berubah mengikuti perkembangan, Pendidikan memberikan warna tersendiri dalam dunia politik, pendidikan adalah tempat mencetak kader-kader politik yang mempunyai pemikiran penentu kebijakan.

Politik dan pendidikan merupakan sebuah sinergi yang tak terpisahkan namun terkadang dipisah-pisahkan dalam pembelajarannya,politik dan pendidikan saling bahu membahu dalam membentuk  karakter sebuah bangsa/negara. pendidikan adalah merupakan pondasi awal dalam berpolitik, setiap individu yang berpendidikan tentunya memiliki arah pandangan dan tujuan politik yang tak jauh menyimpang dari proses pendidikan yang dia alami, Plato dalam bukunya yang berjudul "Republic" membahas hubungan antara politik dengan pendidikan,ideology dan konstitusi negara dengan tujuan dan metodologi pendidikan ini adalah pertama kalinya di dunia barat pembahasan mengenai politik dan pendidikan pertama kalinya.

Pendidikan dijadikan sarana oleh negara untuk menanamkan ideology politik negara tersebut,bisa dikatakan didalam pendidikan terselip ajaran politik dari sebuah ideology politik begitu juga sebaliknya dalam politik terselip pendidikan/ penyampaian sebuah ideology bagi masyarakat sebagai obyek dari politik itu sendiri.

Pendidikan juga dapat diposisikan sebagai agen dari pemerintah,pendidikan adalah proses untuk membentuk warna dan kualitas karakter idndividu maupun masyarakat,sangat menentukan arah dan perkembangan peradaban suatu negara, pendidikan diposisikan sebagai faktor yang sangat strategis dalam penentuan nasib sebuah bangsa, sehingga proses didalamnya dapat dirancang, diarahkan , dikelola agar sesuai dengan tujuan tertentu, ini mengapa pemerintah kemudian memandang bahwa pendidikan sangat penting dan harus di kontrol agar tidak melenceng dari arah dan tujuan dibentuknya sebuah negara.

Jika sebuah negara tidak dapat mengontrol pendidikan di negaranya tentu akan mengancam integritas dan eksistensi sebuah negara, karena faham-faham yang tidak sesuai dengan faham negara tersebut akan sangat mudah masuk melalui jalur pendidikan.

Akhir -akhir ini dunia pendidikan di negara kita sendiri mengalami beberapa permasalahan yang lumayan membingungkan, baik bagi pelaksana, pelaku , siswa maupun orangtua/masyarakat. periubahan-perubahan kebijakan pemerintah dalam masa transisi sangat berpengaruh dalam proses pendidikan. namun sebenarnya proses pendidikan di indonesia berdasarkan 4 strategi pokok yaitu :

  1. Pemerataan kesempatan pendidikan
  2. relevansi pendidikan dengan pembangunan negara
  3. peningkatan kualitas pendidikan
  4. efisiensi pengelolaan pendidikan
Jika pemerintah konsisten dalam pelaksanaan 4 strategi pokok diatas,  disertai dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya sebuah pendidikan niscaya pendidikan di indonesia akan jauh lebih baik.semoga

Sumber : diolah dari berbagai media di internet

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll